Muklisin

Muklisin, SHI. MH adalah Guru di Sd It Ad-Dhuha Bungo yang didirikannya pada tahun 2014 di bawah Yayasan Anak Kita Bungo. Lahir di Sarko tgl 24 April 1983. Sela...

Selengkapnya
Navigasi Web

Makan Kolak

MAKAN KOLAK

Oleh : Muklisin

Biasanya bunyi sirine yang terdengar di kampung halamanku adalah bunyi sirine ambulan lewat karena membawa mayat. Tapi sirine yang ini rutin berbunyi setiap sore kira-kira pukul 18.13 Wib. Sirine yang ini ternyata adalah sirine tanda waktu berbuka telah tiba. Karena Bunyi sirine terdengar menderu-deru yang berasal dari masjid atau mushola terdekat dari rumah saya.

Seperti biasa kalau waktu berbuka semua makanan terhidang lengkap. Termasuk makanan yang dianjurkan berbuka adalah makanan yang manis-manis contohnya kolak manis, kurma manis, minuman es teh manis, buah manis dan yang manis-manis. Rasanya semua yang nampak di depan mata kita, akan kita lahap sampai habis.

Kolak adalah makanan asal Indonesia yang berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren atau gula jawa. Kalau di hari-hari biasa jarang kita menjumpai yang namanya kolak. Kolak biasanya menjadi makanan favorit dan sangat digemari dan diburu saat berbuka puasa. Kolak beda sama pudding ya.

Saya adalah salah satu penggemar kolak, tapi bukan kolak pisang atau berbahan dasar ubi jalar. Melainkan kolak yang saya cari adalah kolak berbahan dasar labu, atau kolak labu. Sensansi menikmani kolak labu memang luas biasa, kalau penasaran silahkan dibuat sendiri. Cuma ada efek negative yang ditimbulkan akibat makan kolak labu kalau terlalu banyak yaitu bisa kekenyangan.

Bungo,

28 Mei 2019

Menunggu waktu berbuka

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kolak apapun kalau dimakan banyak pasti kenyang

28 May
Balas

Heheee.... apalagi kalau habis 5 piring Bunda

28 May
search